paling anyar

Tuesday, February 17, 2009

BERBAGI KARENA PENGALAMAN (2)

Di berbagi karena pengalaman bagian ke 2 (dua) ini, saya akan lebih fokus, lebih mengarah dari istilah- istilah yang ada di dunia Advertising khususnya dunia pertelevisian.

Durasi atau masa tayang iklan sangat berarti bagi dunia Advertisng, karen satu detik bernilai jutaan rupiah. Percaya atau tidak, begitulah cara menghitung di dunia televisi.

Ini istilah- istilah yang berkaitan erat dengan durasi iklan

OBB: Bumper in program= Sebuah iklan dengan durasi 12~15" untuk pembuka program. biasanya berupa logo perusahaan paling lama 5"

CBB: Bumper out program= Sebuah iklan durasi 12~15" untuk penutup program. Biasa berupa logo perusahaan

BI; Bumper In= Bumper masuk untuk segment program durasi 5"

BO: Bumper Our=Bumper keluar untk segment program durasi 5" juga

Super Impose: Upper left corner=iklan durasi 10~12" di pojok kanan atas (terbayang kan....) Kalau client order animasi ratenya juga beda... Contoh: pernah melihat pertandingan bola liga italia atau inggris?! di pojok kiri atas, sering kita lihat produk bergerak dan berputar.

TVC: ini sudah berupa materi iklan dengan durasi 15", 30" dan 60" biasa di tempatkan awal posisi, tengah dan akhir program.


Proses pembuatan Iklan TVC sangat menarik dan unik, (ada sedih, marah,
kecewa, dan tertawa terbahak- bahak)
karena melibatkan Production, Agency,
talent/ model, storyboard, piching dan tetek bengek lainnya. seruuuuu
insaAllah saya akan share di blog ini A ~ Z.
(ini pengalaman saya di
agency).

ROS: Ini merupakan promo program, toleransi yang tidak bisa di bantah dari pihak televisi untuk penempataanya. Durasi total promo 30", 25" untuk promo program, 5" untuk tag on logo.

Running Text: Iklan text yang berjalan dari kiri ke kanan. biasanya hanya 6 kali run dalam 30'


semoga berbagi pengalaman di atas, mudah untuk di pahami.

ada yang di tanyakan, saudara sebangsa dan setanah air bisa kometar atau email di goestop@gmail.com




No comments:

SAHABAT!

Secara harfiah manusia di bekali isi kepala yang sama dan pastinya kreatif. Namun kembali dari isi kepala yang seperti apa yang di sebut kreatif itu? nach...
Kesedihan, kebahagiaan, kekecewaan, bagiaan dari sumber ide kreatif. "Bagaimana mungkin sebuah gergaji bisa memotong kayu dengan elok, sementara mata gergaji di hiraukan, tidak di kikir, di asah". IDE brilian tidak mengenal kedudukan, ketampanan, apalagi materi. Berikan saja space/ruang, biarkan isi kepala ini menari nari ber-ekspresi. InsyaAllah, ide itu akan menghasilkan karya spetakakuler dan berkesan.

"E K S P R E S I D I R I"./exspresionisme.
Sejauh mata memandang, sebatas telingga mendengar, atau rasa yang penuh asa... media blog inilah yang menampung semuanya.
Ekspresikan harimu...
Selamat berekspresi...gali ide- ide brilianmu,
manfaatkan media blog ini
salam. agoesmiko.blog