Berbagi karena Pengalaman.
Seringnya kita di suguhkan tontonan menarik oleh televisi- televisi di indonesia ini. Sebuah acara Special yang di create oleh televisi seperti Special konser musik, Liputan khusus, event- event besar pemerintahan, atau kegiatan yang bersifat Exclusive dan LIVE. Untuk acara semacan ini pendapatan Iklan(expenditure) merupakan pundi- pundi yang banyak meraup keuntungan.
Sponsor. Itulah yang sering membuat kita, para penonton televisi kecewa, belum usai acara special, sudah di potong oleh iklan.
Bicara sponsor program, dibawah ini adalah istilah-istilah yang akrab di dunia iklan pertelevisian.
Istilah- Istilah yang melekat di dunia Iklan Televisi
OBB : Opening Bumper Program
Hanya untuk Logo Main atau Grand atau Exclusive sponsor
CBB : Closing Bumper Program
Hanya untuk Logo Main / Grand / Exclusive sponsor
Kenapa demikian? Pertelivisian di Indonesia maupun dunia, tentunya memiliki peraturan management. Istilah tersebut di atas hanya di perutukkan oleh sponsor, agar tidak terjadi benturan satu sama lain (para sponsor) Tidak etis tentunya, bila sesama kompetitor beriklan di satu program.
BI : Bumper In to Program Segment
Built In Logo Sponsor utk Main & Co
BO : Bumper Out from Program Segment
Built In Logo Sponsor utk Main & Co
Credit Title : Closing Title before CBB
Built In Logo For Sponsor
Built In : Penempatan Logo / Product Client di dlm segmen
•Backdrop (Logo)
•Wordrobe (Logo)
•Q Card (Logo)
•Product on Set
Super Impose : Penempatan Logo Client di Pojok kiri atas 10”
(max 2 spot/segment)
Running Text : 12 kata commercial di bawah layar:
Standart : max 12 kata
Creative : max 12 kata + Logo
News Tickers : logo di pojok kiri bwh news tickers
(max 1 spot/segment )
CG : Keterangan nama Narasumber/Host/Lokasi
(Built In Logo utk Main / Grand / Exclusive sponsor)
Template : Full Template untuk (Prizes Sponsor/Informamasi)
(Built In Logo Sponsor utk Exclusive / Grand / Main & Co)
Currency Tickers: Logo di Currency Tickers
Posisi : Pojok Bawah kanan
Istilah Currency Tickers sangat potensial bagi progam yang segmented, dan hanya untuk Berita bisnis market.
Squeze Frame : Creative Adv
Posisi creative pemasangan logo / informasi dalam program segment
Mengecilkan tampilan program sehingga sisi kanan dan bawah dapat diisi untuk sponsor /logo/informasi
Adlips : Penyebutan Nama Sponsor Program
Untuk Main & Co / Grand / Exclusive sponsor
Semoga berbagi ilmu/sharing di atas bermanfaat bagi yang membutuhkan, atau anda yang ingin sekedar menambah pengetahuan.
salam
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
SAHABAT!
Secara harfiah manusia di bekali isi kepala yang sama dan pastinya kreatif. Namun kembali dari isi kepala yang seperti apa yang di sebut kreatif itu? nach...
Kesedihan, kebahagiaan, kekecewaan, bagiaan dari sumber ide kreatif. "Bagaimana mungkin sebuah gergaji bisa memotong kayu dengan elok, sementara mata gergaji di hiraukan, tidak di kikir, di asah". IDE brilian tidak mengenal kedudukan, ketampanan, apalagi materi. Berikan saja space/ruang, biarkan isi kepala ini menari nari ber-ekspresi. InsyaAllah, ide itu akan menghasilkan karya spetakakuler dan berkesan.
"E K S P R E S I D I R I"./exspresionisme.
Sejauh mata memandang, sebatas telingga mendengar, atau rasa yang penuh asa... media blog inilah yang menampung semuanya.
Ekspresikan harimu...
Selamat berekspresi...gali ide- ide brilianmu,
manfaatkan media blog ini
salam. agoesmiko.blog
Kesedihan, kebahagiaan, kekecewaan, bagiaan dari sumber ide kreatif. "Bagaimana mungkin sebuah gergaji bisa memotong kayu dengan elok, sementara mata gergaji di hiraukan, tidak di kikir, di asah". IDE brilian tidak mengenal kedudukan, ketampanan, apalagi materi. Berikan saja space/ruang, biarkan isi kepala ini menari nari ber-ekspresi. InsyaAllah, ide itu akan menghasilkan karya spetakakuler dan berkesan.
"E K S P R E S I D I R I"./exspresionisme.
Sejauh mata memandang, sebatas telingga mendengar, atau rasa yang penuh asa... media blog inilah yang menampung semuanya.
Ekspresikan harimu...
Selamat berekspresi...gali ide- ide brilianmu,
manfaatkan media blog ini
salam. agoesmiko.blog
No comments:
Post a Comment