(The Spirit of Sharing)
sengaja tema di atas saya angkat agar insan manusia di pelosok jagat ini tidak canggung lagi, tidak bertanya- tanya lagi "bagaimana sich membuat proposal yang bagus?", tidak minder lagi untuk menuangkan ide brilian ke dalam bentuk proposal cantik. Karena pada dasarnya manusia itu di beri kepandaian/kepintaran yang sama oleh Sang Yang Widi. Tinggal bagaimana mengasahnya.....(duh, udah kaya yang paling bener aza)
Sedikit ilmu yang saya dapat, tak ada salahnya saya berbagi kepada insan manusia yang merasa perlu. (yang sudah pintar, silahkan memberi sanggahan, tambahan ilmu yang kamu dapat, mubazirkan kalau tidak di share).
Adakalanya kita mendapat ilmu dari bangku kuliah, seminar, training, namun sulit untuk mengimplementasikan ke dalam bentuk

Di sesi ini saya akan berbagi ilmu "Mudahnya membuat Proposal dengan Penggalangan Dana untuk Yayasan ataupun Sosial lainnya untuk event besar yang melibatkan berbagai media lokal dan nasional.
Pertama: Ceritakan secara singkat maksud dan tujuannya. Bentuk kegiatan yang akan di lakukan sekarang ini (event besarnya seperti apa).
Contoh kasus; Kekayaan Indonesia di masa mendatang yang patut di perhatikan adalah generasi kita "anak- anak indonesia, tunas bangsa yang siap menjadi generasi penerus handal dan bermanfaat bagi bangsa indonesia. bersama ini, kami dari yayasan......berorientasi pada kepentingan masyarakat, pendidikan dan kemanusiaan mengajak masyarakat indonesia membantu masalah mereka dalam penggalangan dana. bla.bla.bla...
Kedua: Ceriterakan latar belakang Organisana/Yayasan....
Contentnya nama Organisasi/yayasan, tanggal terbentuk, Penasihant, Pimpinan, Kegiatan yang sedang berjalan hingga sekarang ini/yang sukseslah...(syukur- syukur jajaran pengurus ada nama yang di kenal publik ini ada nilai plus). alamat komplet telp, fax, email, web.
Ketiga: Ungkapkan Maksud Tema Kegiatan/Event besarmu
Pertunjukan penggalangan dana seperti apa, kalau seminar, seminar yang seperti apa?
Tema ambil yang memiliki nilai Sosial, tempat pelaksanaan, tanggal, waktu, tempat
Penting! melibatkan tokoh masyarakat, pemerintahan, artis, group band, ulama.
Keempat: Format Kegiatan. ini harus lebih rinci dan detail, konsep kegiatannya di buat semenarik mungkin, seindah mungkin tujuannnya agar para undangan pulang dengan kesan mendalam. Siapa seniman, musisi yang mengisi acara, kaitkan bentuk kegiatan dengan program pemerintah yang sedang gencar- gencarnya.
Kelima: Cost Plan. Nach bagian ini yang krusial. Masing-masing team panitia yang di tunjuk tentunya sudah memiliki anggaran biaya, sudah contak- contak dengan pihak lain/IO, agency tentunya sudah sigap sebelumnya. Meeting final untuk mengumpulkan anggran secara total. dan sebutkan di dalam proposal. (tidak perlu sungkan- sungkan). asalkan terperinci: tempat event, stage, sound system, light, materi cetak undangan, promo, hiburan, makanan, keamanan.
Keenam: Tidak usah malu/ sungkan, sebutkan saja maksud sumber dana dari mana. Sponsor, Donatur, Undangan Penggalangan Dana, dan lain- lain sumber lainnya.
Ketujuh: Detail Proposal Paket Sponsorship (bisa di sebut dengan donasi)
Paket sponsorship ini yang menetukan apakah pihak sponsor mau terlibat atau tidak itu tergantung bagaimana pendekantan kita di saat prosentasi.
Pertanyaaanya? Sejauh mana skill presentasi kamu? (InsyaAllah saya punya sedikit ilmu tentang tehnik presentasi yang membuat kita PD dan di tanggapi oleh client. Lain kali ya...tolong di ingatkan saya....).
Kembali ke paket sponsorship. paket ini terbagi menjadi 4 bahkan bisa 5,6 bagian (kenapa bisa begitu?) mari kita lanjutkan...

- Ada Paket exclusive Sponsor/biasa di sebut oleh para pembuat proposal "Platinum" kamu bisa mengartikan dengan yang lain, yang lebih exclusive. dengan nilai Rp. 600juta net(semisal).
konpensasinya apa: INGAT! ini hanya contoh
- Undangan VVIP untuk 4 (empat) orang
- Meja Bundar Jamuan VVIP
- turut serta promo di print ad nasional 2 kali
- Turut serta promo di Media televisi nasional 2 kali
- Logo di 10 spanduk
- identitas sponsor di big screen sebanyak 50 kali dengan durasi 30" sebelum acara di mulai.
- Logo di undangan, buku tamu, ID panitia
- Rool Banner 10 buah di lokasi sekitar titik stategis
- Booth untuk sponsor pendukung 4 buah di area yang di tentukan @ ukuran 3X4meter
- backdrop di press conf
2. Ada Main Sponsor atau istilah kita- kita Diamond
3. Co Sponsor atau Gold
4. Supporting Sponsor atau Silver
Untuk 5 dan 6 nya bisa di mainkan dengan paket Gold 1 Gold 2, Silver 1, silver 2 (tergantung analisa cost estimase) dengan konpensasi masing-masing yang berbeda.
detail layout stage, display stan dan arena lainnya lebih memiliki nilai jual
Nach, insan manusia se jagat raya, baik yang sedang mengenyam bangku kuliah, pekerja di IO, ataupun agency, pekerja di seluruh media. atau hanya sekedar ingin tahu, dari share saya ini, semoga sudah terbayang betapa mudahnya membuat Proposal. Semoga bermanfaatContoh dasar proposal yang saya share ini masih memungkinkan untuk di kembangkan lebih cantik dan menarik. tergantung kreatifitas masing- masing. (INGAT! jangan asal- asalan membuat proposal). Citra dan image pribadi dan perusahaan di pertaruhkan di sini.
- Media dasar yang di kuasai: microsoft power point, excel untuk budget estimasi dan di compair ke power point
- Media pendukung: Flash animasi, Adobe photoshop untuk design template (jangan mengambil template presentasi yang sudah ada di power point (itu tidak kreatif!)
- Pengeras suara sound system untuk presentasi
- Penampilan team rapih.
- Hard copy untuk di bagikan ke client/Satu bendel yang sudah di jilid rapih FC
- Kartu Nama
- Jangan lupa berdoa bersama sebelum berangkat present
Salam.
No comments:
Post a Comment