paling anyar

Tuesday, May 11, 2010

UKURAN KORAN, MAJALAH, TABLOID, BROSUR

Ada kalanya diantara kita sedikit meremehkan dan adapula yang melupakan berapa sich size dari Majalah yang kita bawa selama ini? hahahaha pertanyaan ringan dan tak berarti (Tak perlulah harus menghafal ukuran majalah segala, yang penting beli majalah bayar dan pengetahuan/informasi di dapat). Tapi tidak dengan seorang designer! hal sepele seperti kasus di atas sangatlah penting. Penting bagi pemula yang ingin mengetahui dasar design atau pelajar yang berminat di dunia layout/ design.

Nach di bawah ini panduan yang paling mudah untuk di catat dan di hafalkan, biar jika ada interview bisa langsung menjawab dengan mudah.
Koran : Koran dengan caverage area nasional sudah banyak kita jumpai di setiap agen atau warung klontong koran dan majalah. Sebut saja koran yang merajai jakarta adalah Kompas, kemudia Media Indonesia, Sindo, Republika, Jakarta Post, Jawa pos, Pos Kota, koran bisnis dan ekonomi; Bisnis Indoensia dan kontan. Kemudia banyak sekali koran yang segmentit coverage areanya atau di sebut koran lokal. Sebut saja radar bekasi, radar bogor, lampung pos, dan masih banyak lagi koran koran yang bertebaran di penjuru indonesia. ukuran standar yang mereka gunakan ialah 330,5mm x 550mm. (bagaimana seorang advertising/AE di perusahaan koran/media secara luas presentasi, apa saja yang di persiapkan, tool- tool marketing seperti apa yang di unggulkan?). tunggu di sesi berikutnya, akan saya kasih bocorannnya

Majalah
: Dari zamannya saya kuliah ukuran majalah pada dasarnya standar saja. tapi berkembangnya zaman kreativitas size mulai berkembang dan lebih variatif. Sebut saja majalah ukuran terbesar standar international adalah:330.5mmX 240.5mm (Television asia, adoi, dll) Untuk ukuran standar majalah adalah: 210.5mm x 270,5mm. (Tempo, Gantra, KOmputer Info dll)

Tabloid
: tabloid di indonesia sangat memahami posisinya sebagai nomor dua setelah koran. berpikir praktis, mudah di bawa kemana mana dan mudah di baca di mana mana. ukuran: 290 mm x 420mm dengan jumlah halamannya bisa dimulai dari 24 ,32 hingga 40 halaman. tergantung kemampuan kocek. dan iklan. dan ini harus konsisten.

brosur :brosur bentuk ukuran kertasnya ada beberapa pilihan yaitu A4. kwarto(21cm x 29,7cm), F4 (21,5cm x 33cm), Letter dan Custom. Hal ini sangat di anjurkan daripada memakai ukuran seenaknya sendiri karena ketentuan ukuran tersebut sudah dikondisikan dengan ukuran kertas plano (kertas ukuran besar sebelum dipotong-potong menjadi bagian tertentu, biasanya dijual khusus untuk distributor dan penjual grosir kertas), jadi sangat pas dan tidak berlebih yang bisa mengakibatkan terjadi pembengkakan biaya.

News letter/Buletin : Sering kita lihat di internal perusahaan sangat ideal untuk ukuran A4/latter (jumlah 2 sampai 4 lembar)

Undangan
: Tinggal selera saja, maunya seberapa, tapi format ukuran yang memudahkan untuk di cetak menggunakan ukuran 210,5 mm x 16,5 mm / 160,5 mm x 160,5 mm


Sertifikat/Piagam Penghargaan dan ijazah : ukuran bisa Folio atau A4

Sebetulnya banyak untuk di share, namun waktu jua yang musti menyudahi saya untuk berhenti, sampai ketemu di SKS berikutnya. salam.


1 comment:

Unknown said...

terimakaih untuk infonya.. very useful for my assignment! :)

SAHABAT!

Secara harfiah manusia di bekali isi kepala yang sama dan pastinya kreatif. Namun kembali dari isi kepala yang seperti apa yang di sebut kreatif itu? nach...
Kesedihan, kebahagiaan, kekecewaan, bagiaan dari sumber ide kreatif. "Bagaimana mungkin sebuah gergaji bisa memotong kayu dengan elok, sementara mata gergaji di hiraukan, tidak di kikir, di asah". IDE brilian tidak mengenal kedudukan, ketampanan, apalagi materi. Berikan saja space/ruang, biarkan isi kepala ini menari nari ber-ekspresi. InsyaAllah, ide itu akan menghasilkan karya spetakakuler dan berkesan.

"E K S P R E S I D I R I"./exspresionisme.
Sejauh mata memandang, sebatas telingga mendengar, atau rasa yang penuh asa... media blog inilah yang menampung semuanya.
Ekspresikan harimu...
Selamat berekspresi...gali ide- ide brilianmu,
manfaatkan media blog ini
salam. agoesmiko.blog