paling anyar

Wednesday, August 18, 2010

BERBUAT BAIK JANGAN DI TUNDA-1

Seperti biasa di weekand itu saya, istri dan anak jalan- jalan siang di detos.
Di Depok Square, X banner dengan warna dasar kuning terpampang di lantai satu menuju escalator lantai atas, bertuliskan Lomba Blog Depok. Dari situ sepertinya ingin ambil bagian dari moment kotaku depok. Mulailah mencari ide yang pas dan beda. Kalau mengarang sepertinya akan sulit untuk menuangkan ke dalam blog. Akhirnya saya tulislah kisah pengalaman saya sendiri saja(true stories).

Cimanggis Depok. Di mana aku tinggal 7 tahun yang lalu. Tak terasa depok sangat pesat dalam perubahan kota insfrastruktur, sentral bisnis, pendidikan, tata letak kota hingga pedalaman, dan banyak lagi perubahan yang saya saksikan. Di ulang tahun Kota Depok yang ke-11 Pemerintah Kota Depok bersama Propinsi Jawa Barat menyelenggarakan lomba menulis blog dengan tema "Depok Peduli, Depok Berbagi, Depok Selalu di Hati".
Wah...sebagai warga depok sejati, wajib hukumnya ambil bagian di event ini.

Oke, saya akan mulai berbagi.

Ayo Berdonor Darah!, Mereka Selamat Kitapun Sehat
Darah merupakan rangkainan kebutuhan pokok dari tubuh manusia yang tidak bisa di tawar tawar lagi. Istimewanya darah merupakan cairan merah yang
di karuniani oleh Allah SWT untuk menunjang kehidupan makhuknya dan tidak bisa di gantikan/ di tiru oleh siapapun. subekanalahhh... Salah Satu kegiatan PMI yang paling terkenal dan di kenal masyarakat adalah donor darah. Menyumbangkan sebagian darah (350cc) kemudian di salurkan kepada yang mebutuhkan, merupakan kegiatan mulia dari insan manusia di jagat raya ini. Sumbangan yang sangat berarti bagi mereka yang sangat membutuhkan. Banyangkan hanya dengan 350 cc darah kita telah menghidupkan kembali saudara saudara kita.
Tidak membutuhkan persyaratan rumit untuk menjadi calon sukarelawan donor darah.

Stories.

Berawal dari teman kuliah yang selalu fresh dengan kehidupannya. enjoe hidupnya, gemuk dempal dan banyak makannya. Dari situ saya pingin gaya hidup saya seperti dia, rupanya dia mengeluarkan kartu donor darah yang sudah banyak sekali stempelnya. Waooo itu rupanya kunci kebugaran dia. hah! tanpa pikir panjang saya usai matakuliah langsung pergi ke PMI pusat kramat raya. Dan Alhamdulilah usai mengikuti cek kesehatan saya di perbolehkan melakukan transfusi darah. Dan dari situ saya tau golongan darah saya O (kartu merah saya terima, pertanda warna merah bergolong berdarah O) ada juga kartu berwarna hijau dan lain sebagainya. Empat tahun lebih sudah berlalu. Kartu sptempel donor darah juga sudah panjang seperti yang di lakukan teman kuliah saya itu. Dan benar saya jauh dari penyakit, saya selalu fresh, sehat dan bugar. Makan saya porsinya lumayan banyak kebetulan saya juga hobby olahraga. Berjalannya waktu kemalasan untuk rutin per tiga bulan-pun terputus faktor pekerjaan yang sangat menyita waktu. Kalau ada event di kantor atau lingkungan kantor saya manfaatkan untuk donor darah. Terlihat belang bentong di kartu donor darah saya hehehe.
Saya melakukan donor darah dengan alasan: saya ingin sehat, banyak orang mengantri di gedung PMI yang membutuhkan darah untuk saudaranya, hati nurani saya berkata kalau bisa berbagi kenapa di tunda?!.
dibawah ini kartu donor darah saya.
Ada manfaat dari donor darah yang kita berikan kepada sesama, apa itu?
  1. Secara kesehatan darah yang ada di tubuh kita akan berganti dengan darah segar yang baru.
  2. Tubuh sehat dengan adanya rutinitas pengecekan kesehatan kita melalui transfusi darah. Semangat makan meningkat (jauh dari penyakit)
  3. Rasa sosial akan terpanggil, bayangkan darah yang kita donorkan secara sukarela per tiga bulan, sangat di butuhkan untuk menyambung nyawa mereka.
  4. Rasa berbagi kepada sesama, bukti hidup tidak sendiri.
  5. Kembali ke poin pertama.
Donor Darah Saat Berpuasa di bulan Ramadan tidak membatalkan. Setiap memasuki bulan ramadan/puasa, permintaan akan kebutuan darah semakin meningkat di seluruh daerah. Berbagai penyakit yang menyebabkan kekurangan darah, seperti kecelekaan lau lintas, ibu melahirkan berbagai penyakit yang membutuhkan darah orang lain. Untuk itulah di perlukan DONOR DARAH. Berkaitan dengan bulan ramadan ini pastinya bertanya tanya bagimana hukumnya donor darah di bulan suci? Saya sempat bertanya- tanya apa ia donor darah di bulan puasa bisa? sementara asupan makanan dan minuman serba berkurang. Penasaran saya akhirnya terjawab, begitu saya menyempatkan donor darah di PMI Pusat kramat raya jakarta (saya sempatkan untuk izin cuti kantor 10 agustus 2010). Brusur kecil yang berjejer rapih saya ambil dan Fatwa MUI sudah membuat keputusan dari 24 juli tahun 2000. Rupanya saya yang telat informasi. Dari usai donor darah, berdosa sekali kalau tidak segera di siarkan/informasikan berita ini untuk saudara saudara se jagat antero. Fatwa MUI itu, seperti ini bunyinya: "Pengeluaran darah dari orang yang menuaikan ibadah puasa, tidak membatalkan atau mengurangi kesempurnaan ibadah puasa orang yang bersangkutan. Bahwa di tinjau dari sudut fadlilah atau keutamaan, memberikan sumbangan darah oleh orang yang sedang berpuasa kepada orang yang membutuhkan adalah suatu amal shaleh yang pahalanya lebih besar di banding dengan amal saleh yang di lakukan di luar bulan puasa".
Jika para pengunjung blog ini telah membaca, mohon dengan sangat untuk di share ke saudara saudara kita yang menginginkan menjadi relawan donor darah.

So, tunggu apa lagi, ayo donor darah?
info detail.http://www.pmi.or.id


Tempat Pos Mendonorkan Darah di Jakarta dan Sekitarnya

Dimana Bisa menyumbangkan darah?
  1. Jakarta Pusat. Unit tranfusi darah PMI Pusat Pencenongan Jakarta Pusat no 82
  2. Jakarta Selatan. Unit Condet Pejaten Pasar Minggu
  3. Jakarta Barat. Jl Jelambar Perdana no12
  4. Jakarta Utara. Plumpang Semper no 54
  5. Jakarta timur. Igusti ngurah rai Klender no 77

Di Wilayah Depok dan Sekitarnya
RSUD Depok. Jalan raya sawangan Kec Sukmajaya
Jam operasional : 7 pagi sampai 15:00 WIB, hari Senin ~ Jumat.

Sementara di Jln dahlia Beji merupakan sekretariat PMI cabang Depok. (pmicabangdepok.blogspot.com)
Siapa saja yang di perbolehkan berdonor darah?
  1. Sukarelawan yang telah berusia 17 sampai 70 tahun
  2. Berbadan sehat dengan berat badan min 45kg
  3. Tekanan darah antara 110 ~ 160mm
  4. Diatol antara 70~100mm
  5. Denyut nadi teratur sekitar 50~100 X/menitnya.
  6. Bila sudah menjadi member, pertiga bulan tetap di periksa kesehatannya.

Siapa saja yang tidak di perkenankan untuk berdonor darah?
  1. Penderita hepatitis B
  2. Penderita epilepsi, kejang kejang
  3. Ketergantungan obat, kronikm peminum alkohol berat
  4. Sedang hamil dan menyusui
  5. Penderita penyakit kulit
  6. Memiliki kecenderungan pendarhan dan sejenisnya
  7. Pengidap HIV/AIDS
  8. Penderita sakit jiwa
Pembahasan lebih gamblang (detail) bisa di lihat di bagian "berbuat baik jangan di tunda-2" atau lihat di website.http://www.pmi.co.id

Nach dari pengalaman dan informasi saya ini ada yang kurang sempurna, mohon koreksinya dan masukannnya.
Ayo Donor Darah......

2 comments:

Yulia said...

Wah, mas ikut lomba blog depok ya?? pasang tag "lombablogdepok 17 Juli - 17 September 2010" mas,kalau gak salah itu salah satu syaratnya... ;)

AGOES DJATMIKO said...

makasih mbak yulia infonya, segera akan saya tampilkan di tag/labelnya

SAHABAT!

Secara harfiah manusia di bekali isi kepala yang sama dan pastinya kreatif. Namun kembali dari isi kepala yang seperti apa yang di sebut kreatif itu? nach...
Kesedihan, kebahagiaan, kekecewaan, bagiaan dari sumber ide kreatif. "Bagaimana mungkin sebuah gergaji bisa memotong kayu dengan elok, sementara mata gergaji di hiraukan, tidak di kikir, di asah". IDE brilian tidak mengenal kedudukan, ketampanan, apalagi materi. Berikan saja space/ruang, biarkan isi kepala ini menari nari ber-ekspresi. InsyaAllah, ide itu akan menghasilkan karya spetakakuler dan berkesan.

"E K S P R E S I D I R I"./exspresionisme.
Sejauh mata memandang, sebatas telingga mendengar, atau rasa yang penuh asa... media blog inilah yang menampung semuanya.
Ekspresikan harimu...
Selamat berekspresi...gali ide- ide brilianmu,
manfaatkan media blog ini
salam. agoesmiko.blog